Monday 7 August 2017

Jual beli forex menurut islam


Ditulis Oleh jaenal nurohman pada Minggu, 10 Juni 2012 19.27 Investasi FOREX trading merupakan investasi yang sangat penuh dimana kita bisa memperoleh keuntungan yang cukup lumayan dalam waktu yang relatif singkat. Dong dengan forex broker forex online yaitu Instaforex yang memberikan jasa forex signal di internet, semakin mudah setiap orang untuk mendulang keuntungan di bisnis ini bahkan tanpa harus menunggu untuk belajar yang terlalu lama dan tanpa harus memahami teknikalmaupun fundamental yang memusingkan kepala. Penghasilan para trader-trader forex profesional sangat dan jauh para pelaku-pelaku bisnis lainnya seperti para pelaku bisnis MLM dan perdagangan konvensional. Tapi kemudian banyak yang mempertanyakan kehalalan dari hasil yang diperoleh bisnis forex trading ini sifatnya yang abstrak dan tidak kasat mata. Bagian umat Islam meragukan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut padangan para pakar Islam jangan menjual sesuatu yang tidak ada padamu, 8221 sabda Nabi Muhammad SAW, dalam sebuah riwayat riwayat Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (ahli fiqih islam), hadits tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, setiap praktik jual beli yang tidak ada barangnya pada waktu akad, haram. Penafsiran itu sama sekali, tak pelak lagi, buatlah fiqih Islam sulit untuk memenuhi kebutuhan zaman yang terus berkembang dengan perubahan-perubahannya. Karena itu, jumlah ulama klasik yang terkenal dengan pemikiran cemerlangnya, ada cara penafsiran yang terkesan sempit tersebut. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ulama bermazhab Hambali ini berpendapat, memang tidak benar jual-beli barang yang tidak ada dilarang. Baik dalam Al Qurban17an, sunnah maupun fatwa para sahabat, larangan itu tidak ada. Dalam Sunnah Nabi, hanya ada larangan menjual barang yang belum ada, pemberian larangan barang yang sudah ada pada waktu akad. 8220Causa legis atau ilat larangan itu tidak ada atau tidak adanya barang, peluru garar, 8221 contohnya Dr. Syamsul Anwar. MA dari IAIN SUKA Yogyakarta menjelaskan keterangan Ibn al-Qayyim. Garar adalah tidak yakin tentang barang yang diperjual-belikan itu bisa hadir atau tidak. Misalnya, seseorang menjual unta yang hilang. Atau menjual barang milik orang lain, tidak diberi kewenangan oleh yang bersangkutan. Jadi, ganti pada waktu akad barangnya tidak ada, namun ada kepastian diadakan pada saatnya diperlukan agar bisa diserahkan kepada pembeli, maka jual beli tersebut sah. Malah, kendati barangnya sudah ada tapi 8211 karena satu dan lain hal 8212 tidak bisa diserahkan kepada pembeli, maka jual beli itu tidak sah. Perdagangan berjangka, jelas, bukan garar. Sebab, dalam bentuk kontrak berjangkanya, jenis komoditi yang dijual-belikan sudah ditentukan. Begitu juga dengan jumlah, mutu, tempat dan waktu penyerahannya. Semuanya berjalan di atas rel aturan resmi yang ketat, sebagai antisipasi korban praktek penyimpangan yang palsu 8212 satu hal yang sebetulnya bisa bisa terjadi pada praktik jua-beli konvensional. Dalam perspektif hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) dapat berkontribusi ke dalam kategori almasa8217il almu8217ashirah atau masalah-masalah hukum Islam kontemporer. Karena itu, status hukumnya bisa dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke dalam wilayah fi ma la nasha fih, ada masalah hukum yang tidak punya referensi nash hukum yang pasti. Dalam kategori masalah hukum al-Sahrastani, ia termasuk dalam paradigma al-nushush qad intahat wa al-waqa8217I la tatanahi. Artinya, nash hukum dalam bentuk Al-Quran dan Sunnah sudah selesai tidak lagi ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum yang baru muncul mesti diberikan kepastian hukumnya melalui ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, ijtihad dapat diterima terhadap teori perubahan hukum yang oleh Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa hukum dapat berubah karena beberapa variabel perubahnya, yaitu: waktu, tempat, niat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini diturunkan dari paradigma ilmu hukum dari gurunya Ibn Taimiyyah, yang menyatakan a-haqiqah fi al-a8217yan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran hukum itu dijumpai dalam pandangan empirik bukan dalam alam pemikiran atau ide alam. Paradigma ini diturunkan dari prinsip hukum Islam tentang keadilan yang dalam Al Quran digunakan istilah al-mizan, a-qisth, al-wasth, dan al-adl. Dalam penerapannya, secara khusus masalah PBK dapat berkontribusi ke dalam bidang kajian fiqh al-siyasah maliyyah, yaitu politik hukum kebendaan. Dengan kata lain, PBK termasuk ajaran hukum Islam dalam pengertian bagaimana hukum Islam diterapkan dalam masalah kepemilikan atas harta benda, melalui perdagangan berjangka komoditi dalam era globalisasi dan perdagangan bebas. Realisasi yang paling mungkin dalam agenda melindungi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan berjangka komoditi dalam ruang dan waktu serta pertimbangan tujuan dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan semangat dan suara UU No. 321977 tentang PBK. Karena itu, hukum Islam dapat dianalogikan dengan bay8217 al-salam8217ajl bi8217ajil. Bay8217 al-salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-salam atau al-salaf adalah bay8217 ajl bi8217ajil, sedang memperjualbelikan sesuatu yang dengan ketentuan sifat-sifatnya yang terjamin kebenarannya. Di dalam transaksi demikian, penyerahan ra8217s al-mal dalam bentuk uang sebagai imbalan. Ulama Syafi8217iyah dan Hanabilah dengan ini: 8220Akad atas komoditas jual beli yang diberi sifat terjamin yang ditangguhkan dengan harga jual yang ditetapkan di dalam bursa akad8221. Keabsahan transaksi jual beli berjangka, ditentukan oleh terpenuhinya rukun dan syarat sebagai berikut. Rukun sebagai unsur-unsur utama yang harus ada dalam suatu peristiwa transaksi Unsur-unsur utama di dalam bay8217 al-salam adalah: Pihak-pihak yang melakukan transaksi (8216aqid) yang disebut dengan istilah muslim atau muslim ilaih. Objek transaksi (ma8217qud alaih), yaitu barang barang komoditi berjangka dan harga tukar (ra8217s al-mal al-salam dan al-muslim fih). Kalimat transaksi (Sighat 8216aqad), yaitu ijab dan kabul. Yang perlu diperhatikan dari unsur-unsur tersebut, adalah ijab dan qabul dalam bahasa dan kalimat yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena itu, ulama Syafi8217iyah menggunakan istilah al-salam atau al-salaf dalam kalimat-kalimat transaksi itu, dengan alasan 8216aqd al-salam adalah bay8217 al-ma8217dum dengan sifat dan cara yang berbeda dari akad jual dan beli (beli). Persyaratannya adalah transaksi barang, apakah: isi ulang transaksi kejelasan mengenai: jenisnya (yakun fi jinsin ma8217lumin), sifatnya, ukuran (harga), harga penyerahan, harga tukar, tempat penyerahan. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh harga tukar (al-tsaman), adalah, pertama, kejelasan jenis alat tukar, yaitu dirham, dinar, rupiah atau dolar dsb atau barang barang yang bisa ditimbang, disukat, dsb. Kedua, kejelasan jenis alat tukar rupiah, dolar Amerika, dolar Singapura, dst. Apakah timbangan yang disepakati dalam bentuk kilogram, kolam, dst. Kejelasan tentang kualitas objek transaksi, apakah kualitas istimewa, baik sedang atau buruk. Syarat-syarat di atas ditentukan dengan maksud menghilangkan jahalah fi al-8217aqd atau alasan ketidaktahuan kondisi-kondisi barang pada saat transaksi. Sebab hal ini akan terjadi pada perselisihan di antara pelaku transaksi, yang akan merusak transaksi. Kejelasan jumlah harga tukar. Penjelasan singkat di atas nampaknya sudah bisa memberikan kejelasan kebolehan PBK. Kalaupun dalam pelaksanaannya masih ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau pepatah yang berbunyi: ma la yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa yang tidak bisa dilaksanakan semuanya, maka tidak perlu terbengkalai seluruhnya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu boleh diterima atau disetidak-tidaknya sesuai dengan semangat dan jiwa norma hukum Islam, dengan menganalogikan kepada bay8217 al-salam. Dalam bukunya Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum Islam, diperoleh Forex (Perdagangan Valas) yang membolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing timbul karena adanya barang barang kebutuhankomoditi antar negara yang sedang internasional. Perdagangan (ekspor-impor) ini tentu membutuhkan alat bayar yaitu UANG yang masing-masing negara memiliki ketentuan sendiri dan berbeda satu sama lainnya sesuai dengan penawaran dan permintaan dari negara-negara tersebut sehingga timbul PERBANDINGAN NILAI MATA UANG antar negara. Uang tambahan antar negara terkumpul dalam suatu BURSA atau PASAR yang merupakan internasional dan terikat dalam suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Nilai mata uang satu negara dengan negara lainnya ini berubah (berfluktuasi) setiap saat sesuai volume permintaan dan penawarannya. Adanya permintaan dan penawaran yang sedang. Yang benar-benar nyata tukar-menukar mata uang yang berbeda. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul: 8212gt Ada perjanjian untuk menerima dan menerima Penjual. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pembeli dan penjual memiliki wewenang penuh melaksanakan dan melakukan tindakan-tindakan hukum (dewasa dan berpikiran sehat) 2. Memenuhi syarat menjadi benda transaksi jual-beli yaitu: barang barangnya (bukan najis) barang sudah ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Muhammad Isa, ada jual beli itu diperbolehkan dalam agama. 8220Jangan kamu membeli ikan dalam udara, karena sebenarnya jual beli yang demikian itu mengandung penipuan8221. (Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi dari Ibnu Mas8217ud) Jual beli barang yang tidak di tempat transaksi dengan syarat harus diterangkan sifat-sifatnya atau ciri-cirinya. Kemudian jika barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya. Jika tidak sesuai maka pembeli memiliki hak khiyar, tentu saja boleh atau jual beli belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah: 8220Barang siapa yang membeli sesuatu yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak khiyar jika ia telah melihatnya8221. Jual beli hasil tanam yang masih terpendam, seperti ketela, kentang, bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika harus mengeluarkan semua hasil tanaman yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum Islam: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang barang yang sudah terbungkustertutup, seperti makanan kalengan, LPG, dan sebagainya, asalkam diberi label yang menerangkan isi. Vide Sabiq, op. Cit. Hal. 135. Mengenai teks kaidah hukum Islam di atas, vide Al Suyuthi, Al Ashbah wa al Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55.Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan tugas makalah Tata Niaga Peternakan dengan judul 8220Pengertian Dan Dasar Hukum Jual Beli, Rukun Dan Syarat Jual Beli, Serta Jual Beli Yang Dilarang Dalam Islam .8221 Penulisan Makalah ini merupakan salah satu tugas yang telah diberikan oleh dosen pembimbing mata kuliah Tata Niaga Peternakan. Shalawat dan salam buat junjungan umat, Nabi Muhammad SAW yang telah membuka mata dunia akan arti arti pendidikan sehingga kita bisa menikmati dunia pendidikan yang penuh dengan ilmu pengetahuan. Penulis telah berusaha semaksimal mungkin, namun dengan kerendahan hati penulis ada makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharap kritik dan saran atas kekurangan dan kekeliruan yang tidak penulis sadari demi kesempurnaannya. Semoga makalah ini bisa bermanfaat dan bermanfaat bagi pembaca. Pekanbaru, Mei 2013 1.1 Latar Belakang Jual beli Apakah proses pemindahan hak milikbarang atau harta benda dengan menggunakan uang sebagai alat tukarnya. Menurut etimologi, jual beli adalah sesuatu yang sesuatu dengan sesuatu (yang lain). Kata lain dari jual beli adalah al-ba8217i, asy-syira8217, al-mubadah, dan at-tijarah. Landasan atau dasar hukum mengenai jual beli ini disyariatkan berdasarkan Al-Qur8217an, Hadist Nabi, dan Ijma8217. Hukum jual beli pada batasan dibolehkan oleh ajaran islam. Kebolehan ini dibangun untuk firman Allah yang menterjemahkannya sebagai berikut. 82208230. Janganlah kamu ikut harta bersama kamu dengan jalan batal dilaut dengan jalan jual beli, suka sama suka8230.8221 (Q. S. An-Nisa8217 29). Rukun dan syarat jual beli adalah ketentuan-ketentuan dalam jual beli yang harus sesuai agar jual belinya sah menurut syara8217 (hukum islam). Rukun Jual Beli: Dua huruf buat akad penjual dan pembeli Objek akad (barang dan harga) Ijab qabul (barangpersetujuan) barang barang yang terlarang diperjual belikan. Barang yan g haram dimakan, khamar, buah-buahan yang belum bisa dimakan, udara, barang barang yang samar dan barang barang yang bisa dijadikan sarana ma8217shiyat. 1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian dan dasar hukum jual beli. 2. Mahasiswa dapat mengetahui barang yang terlarang diperjual belikan. 3. Mahasiswa dapat mengetahui rukun syarat jual beli. Yang mana Allah SWT berfirman dalam surat An-Nisa. 29 8220Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu makan harta sesamamu dengan jalan yang bathil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku sama dengan suka sama kamu8221 (QS. An-Nisa. 29). 8220Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba8221 (QS Al Baqarah. 275). Nabi, yang mengatakan: 8221 Suatu saat Nabi SAW, ditanya tentang mata pencarian yang paling baik. Dia menjawab, 8217Seseorang bekerja dengan membangun dan setiap jual beli yang mabrur.8221 (HR Bajjar, Hakim yang menyahihkannya dari Rifa8217ah Ibnu Rafi8217). Maksud mabrur dalam hadist adalah jual beli yang terhindar dari usaha tipu-menipu dan orang lain. Ulama telah membantunya menjual beli dengan alasan tidak manusia akan dapat mencukupi kebutuhan dirinya, tanpa bantuan orang lain. Namun demikian, bantuan atau barang milik orang lain yang dibutuhkannya itu, harus diganti dengan barang lainnya yang sesuai. Mengacu kepada ayat-ayat Al Qurban17an dan hadist, hukum jual beli adalah mubah (boleh). Namun pada situasi tertentu, hukum jual beli itubisa berubah menjadi sunnah, wajib, haram, dan makruh. 1Tempmsohtmlclip101clipimage005.jpg Berikut ini adalah contoh bagaimana hukum jual beli bisa berubah menjadi sunnah, wajib, haram, atau makruh. Jual beli hukumnya sunnah, misalnya dalam jual beli barang yang hukum menggunakan barang yang diperjual-belikan itu sunnah seperti minyak wangi. Jual beli hukumnya wajib, misalnya jika ada suatu saat para pedagang menimbun beras, jadi stok beras sedikit dan penuh harganya pun melambung tinggi. Maka pemerintah boleh buat para pedagang beras untuk menjual beras yang ditimbunnya dengan harga sebelum terjadi pelonjakan harga. Menurut Islam, para para pelaku wajib menjual beras yang ditimbun sesuai dengan ketentuan pemerintah. Jual beli hukumnya haram, misalnya jual beli yang tidak memenuhi rukun dan syarat yang diperbolehkan dalam islam, juga mengandung unsur penipuan. Jual beli hukumnya makruh, barang barang yang dijual-belikan ituhukumnya makruh seperti rokok. 2.3 Rukun dan Syarat Jual Beli Rukun dan syarat jual beli adalah ketentuan-ketentuan dalam jual beli yang harus sesuai agar jual belinya sah menurut syara8217 (hukum islam). Rukun Jual Beli: Dua huruf buat akad penjual dan pembeli Objek akad (barang dan harga) Ijab qabul (perjanjianpersetujuan) a. Orang yang melaksanakan akad jual beli (penjual dan pembeli) Syarat-syarat yang harus dimiliki oleh penjual dan pembeli adalah. 1. Berakal, jual belinya orang gila atau rusak akalnya tidak sah. 2. Baligh, jual belinya anak kecil yang belum baligh pelaksanaani tidak sah. Akankah, jika anak itu sudah mumayyiz (mampu membedakan baik atau buruk), dibolehkan melakukan jual beli barang barang yang harganya murah seperti. Permen, kue, kerupuk, dll. 3. Berhak menggunakan hartanya. Orang yang tidak berhak menggunakan harta milik orang yang sangat bodoh (idiot) tidak sah jual belinya. Firman Allah (Q. S. An-Nisa8217 (4): 5): b. Sigat atau Ucapan Ijab dan Kabul. Ulama fiqh sebutkan, yaitu unsur utama dalam jual beli adalah kerelaan antara penjual dan pembeli. Karena kerelaan itu berada dalam hati, maka harus diwujudkan melalui ucapan ijab (dari pihak penjual) dan kabul (dari pihak pembeli). Adapun syarat-syarat ijab kabul adalah. 1. Orang yang mengucap ijab kabul telah akil baliqh. 2. Kabul harus sesuai dengan ijab. 3. Ijab dan kabul dilakukan dalam suatu majlis. C. Barang Yang Diperjual Belikan Barang yang diperjual-belikan harus memenuhi syarat-syarat yang diharuskan, antara lain. 1. Barang yang diperjual-belikan itu halal. 2. Barang itu ada manfaatnya. 3. Barang itu ada ditempat, atau tidak ada tapi ada ditempat lain. 4. Barang itu merupakan milik si penjual atau dibawah kuasaya. 5. Barang itu haruslah diketahui oleh pihak penjual dan pembeli dengan jelas, baik zatnya, bentuknya dan kadarnya, maupun sifat-sifatnya. D. Nilai tukar barang yang dijual (pada zaman modern sampai sekarang ini adalah uang). Adapun syarat-syarat bagi imbalan barang yang dijual itu adalah. 1. harga jual disemukan penjual dan pembeli harus jelas. 2. Nilai tukar barang itu bisa diserahkan pada waktu transaksi jual beli, meski secara hukum, misalnya bayar menggunakan kartu kredit. 3. Kalau jual beli dilakukan secara barter atau Al-muqayadah (barang barang bukan bukan uang). 2.4 Hal-hal Yang Terlarang Dalam Jual Beli Jual bisa dilihat dari beberapa sudut pandang, antara lain ditinjau dari segi sah atau tidak sah dan terlarang atau tidak terlarang. 1. Jual beli yang sah dan tidak terlarang yaitu jual beli yang terpenuhi rukun-rukun dan syarat-syaratnya. 2. Jual beli yang terlarang dan tidak sah (bathil) yaitu jual beli yang salah satu rukun atau syaratnya tidak terpenuhi atau jual beli itu pada dasar dan sifatnya tidak disyariatkan (disesuaikan dengan ajaran islam). 3. Jual beli yang sah tapi terlarang (fasid). Jual beli ini hukumnya sah, tidak susah akad jual beli, dilarang oleh islam karena sebab-nyanyian lain. 4. Terlarang sebab Ahliah (Ahli Akad). Ulama telah menyetujui jual beli yang dikategorikan sah dilakukan oleh orang yang baliqh, berakal, bisa memilih. Mereka yang tidak sah jual belinya sebagai berikut. Jual beli yang dilakukan oleh orang gila. Jual beli yang dilakukan oleh anak kecil. Terlarang penyebab anak kecil belum cukup dewasa untuk mencari perihal tentang jual beli. Jual beli yang dilakukan oleh orang buta. Jual beli ini terlarang karena ia tidak dapat membedakan barang yang jelek dan barang yang baik. Jual beli minimal 5. Jual beli fudhul adalah jual beli milik orang lain tanpa seizin pemiliknya. 6. Jual beli yang terhalang. Terhalang disini memang karena bangkrut, kebodohan, atau pun sakit. 7. Jual beli malja8217 adalah jual beli orang yang sedang dalam bahaya, untuk menghindar dari perbuatan zalim. 8. Terlarang Sebab Shigat. Jual beli yang antara ijab dan kabulnya tidak ada kesesuaian maka tidak sah sah. Beberapa jual beli yang termasuk terlarang sebab shiqat sebagai berikut. Jual beli Mu8217athah. Jual beli yang telah disepakati oleh pihak akad, berkenaan dengan barang maupun harganya, dan jangan pakai ijab kabul. Jual beli melalui surat atau melalui utusan yang kabul yang ada di tempat, akad tersebut tidak sah, seperti surat tidak sampai ketangan orang yang tahan. Jual beli dengan syarat atau tulisan. Kalau isyarat dan tulisan tidak mengerti dan tulisannya jelek (tidak bisa dibaca), maka akad tidak sah. Jual beli barang yang tidak ada ditempat akad. Terlarang karena tidak memenuhi syarat in8217iqad (diakose akad). Jual beli tidak bersesuaian antara ijab dan kabul. Jual beli munjiz yang sedang dengan sekali atau ditangguhkan pada waktu yang akan datang. 9. Terlarang Sebab Ma8217qud Alaih (Barang jualan) Ma8217qud alaih adalah barang yang dijadikan alat peraga oleh orang yang akad, yang biasa disebut mabi 8217 (barang jualan) dan harga. Ada beberapa masalah yang disepakati oleh sebagian ulama, dan diperselisihkan, antara lain. Jual beli benda yang tidak ada atau dikhwatirkan tidak ada. Jual beli yang tidak bisa diserahkan. Contohnya jual beli burung yang ada di udara, dan ikan yang ada di dalam air tidak berdasarkan ketetapan syara8217. Jual beli gharar adalah jual beli barang yang menganung unsur menipu (gharar). Jual beli barang yang najis dan yang terkena najis. Contohnya. Jual beli bangkai, babi, dll. Jual beli air Jual beli barang yang tidak jelas (majhul). Terlaks nanti akan mendatangkan pertentangan di antara manusia. Jual beli yang tidak ada ditempat akad (gaib) tidak dapat dilihat. Jual beli sesuatu sebelum dipegang i. Jual beli buah-buahan atau tumbuhan belum ada buah, disakat tidak ada akad. Setelah ada buah, sudah belum matang, akadnya fasid. 10. Terlarang Sebab Syara8217. Jenis jual beli yang dipermasalahkan karena syara8217 nya adalah. 183 jual beli riba 183 Jual beli dengan uang dari barang yag diharamkan. Contohnya jual beli khamar, anjing, bangkai. 183 Jual beli barang hasil pencegatan barangnya mencegat pedagang dalam perjalanannya menuju tempat yang dituju sehingga orang yang mencegat barang itu keuntungannya. 183 Jual beli waktu adzan jum8217at. Terlarang dikarena bagi laki-laki yang melakukan transaksi jual beli bisa mengganggukan aktifitas kewajibannya sebagai muslim dalam mengerjakan shalat jum8217at. 183 Jual beli anggur untuk dijadikan khamar. 183 Jual beli barang yang sedang dijual oleh orang laing. Jual beli hewan ternak yang masih dikandung oleh induknya. 2.5 Barang Yang Dilarang Diperjual Belikan Dalam Islam Islam bentuknya jual beli yan mengandung tindak bahaya bagi yang lain jenis jika BBM naik, sebagian pedagang menimbun barang jadi buat harga yang relatif murah. Begitu pula segala bentuk penipuan dan pengelabuan dalam jual beli membuatnya terlarang. Saat ini kita akan melihat bahasan sebagai tindak lanjut dari tulisan sebelumnya mengenai bentuk jual beli yang terlarang. Seiring dengan agama yang telah melengkapi petunjuk lengkap tentang perdagangan, termasuk didalamnya barang barang yang tidak boleh diperjualbelikan. Jadi pengusaha muslimsudah sepantasnya kita masalah ini agar terhindar dari perniagaan yang haram dan tidak di ridhoi allah. Islam adalah agama yang syamil, yang mencangkup segala hal manusia, tak terkecuali dengan jual beli. Jual beli telah disyariatkan dalam Islam dan hukumnya mubah atau boleh, berdasarkan Al Quran, sunnah, ijma8217 dan dalil aqli. Allah SWT membolehkan jual beli agar manusia bisa memenuhi kebutuhannya selama hidup di dunia ini. Namun dalam melakukan jual-beli, tentunya ada ketentuan-syarat atau syarat-syarat yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar. Seperti jual beli yang dilarang yang akan kita bahas ini, karena telah menyelahi aturan dan ketentuan dalam jual beli, dan tentunya merugikan salah satu pihak, maka jual beli yang dilarang. Diantara jual beli yang dilarang dalam islam ini antara lain: 1. Jual beli yang diharamkan Tentunya ini sudah jelas sekali, menjual barang yang diharamkan dalam Islam. Jika Allah sudah mengharamkan sesuatu, maka Dia juga mengharamkan hasil penjualannya. Seperti menjual sesuatu yang terlarang dalam agama. Rasulullah telah menyewakan menjual bangkai, khamr, babi, patung dan lain sebagainya yang bertentangan dengan syariah Islam. Begitu juga jual beli yang melanggar syar8217I yaitu dengan cara menipu. Menipu barang yang sebenarnya cacat dan tidak layak untuk dijual, tapi sang penjual menjualnya dengan memanipulasi mau-akan barang tersebut sangat berharga dan berkualitas. Ini adalah haram dan larangan dalam agama, bentuknya. 2. Barang yang tidak ia miliki. Misalnya, seorang pembeli datang barang untuk mencari barang tertentu. Tapi barang yang dia cari tidak ada padamu. Kemudian ksmuente dan pembeli saling menyetujui untuk melakukan akad dan menentukan harga dengan barang sekian, sementara itu barang belum menjadi hak milik ente (kamu) atau si penjual. Kemudian ent pergi membeli barang maksud dan kepada si pembeli. Jual beli seperti ini hukumnya haram, karena si pelaku menjual sesuatu yang barangnya tidak ada barang, dan menjual sesuatu yang belum menjadi miliknya, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam telah membiayai cara berjual beli seperti ini. Istilah kerennya reseller Dalam suatu riwayat, ada seorang sahabat bernama Hakim bin Hazam Radhiyallahu anhu kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa salalm. 8220Wahai, Rasulullah. Seseorang datang kepadaku. Dia ingin membeli sesuatu dariku, sementara barang yang dicari tidak ada. Kemudian aku pergi ke pasar dan membelikan barang itu8221. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda. 1614 161416161618 1614 161416181614 1616161816141614 8220 Jangan menjual sesuatu yang tidak ada padamu. HR Tirmidzi. 8220 Yang termasuk jual-beli Hashat ini adalah jika seseorang membeli dengan menggunakan undian atau dengan adu ketangkasan, agar barang yang dibutuhkan sesuai dengan undian yang didapat. Sebagai contoh: Seseorang mengatakan: 8220 Lemparkanlah bola ini, dan barang yang terkena lemparan bola ini kamu beli dengan harga sekian8221. Jual beli yang sering kita temui dipasar-pasar ini tidak sah. Karena mengandung ketidakjelasan dan penipuan. 4. Jual beli Mulamasah. Mulamasah tertulis adalah sentuhan. Maksudnya jika seseorang berkata: 8220Pakaian yang sudah kamu sentuh, berarti sudah menjadi milikmu dengan harga sekian8221. Atau 8220Barang yang kamu buka, berarti sudah menjadi milikmu dengan harga sekian8221. Jual beli yang demikian juga dilarang dan tidak sah, karena tidak ada kejelasan tentang sifat yang harus diketahui dari calon pembeli. Dan didalamnya ada unsur pemaksaan. 5. Jual Beli Najasy Bentuk Praktek najasy adalah sebagai berikut, seseorang yang telah menawar barang mendatangi penjual lalu menawar barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari yang biasa. Hal itu saja dihadapan pembeli dengan tujuan memperdaya si pembeli. Sementara itu sendiri tidak perlu untuk membelinya, namun tujuannya semata-mata ingin memperdaya si pembeli dengan promonya tersebut. Ini termasuk bentuk penipuan. Dan Rasullulah S. A.W. Telah terjadi pelanggaran ini seperti yang ada di dalam hadis. Janganlah kamu melakukan praktek najasy, janganlah seseorang menjual di atas penjualan saudaranya, janganlah ia meminang di atas pinangan saudaranya dan janganlah seorang wanita meminta (suami) agar menceraikan madunya agar apa yang ada dalam bejana (madunya) perpindahan, (HR Bukhari 2140 dan muslim 1413). Tentunya masih banyak contoh-contoh atau model jual beli yang dilarang dalam agama, seperti jual-beli yang suka orang untuk melakukan sholat, khususnya diwaktu jumat setelah adzan kedua sholat jumat, juga barang bekas, kemudian makelar atau calo yang menjual barang dengan Harga yang lebih tinggi dari harga sekarang Itu semua adalah jual-beli yang dilarang dalam Islam. Semoga kita semua senantiasa terjaga dalam bermuamalah dengan sesama, selalu waspada dan berhati-hati dalam tindakan khusus dalam berdagang. Mari kita mensuri tauladani Nabi kita Muhammad SAW dalam berdagang, dia selalu percayai dalam setiap ucapan, dan perbuatannya Barang yang tidak dapat diperjualbelikan: 1. Khamer (Minuman Keras) Dari Aisyah ra, ia mengatakan: Tatkala tambahan ayat akhir al-Baqarah turun, Nabi Saw keluar (melawan para sahabat) lantas bersabda (kepada mereka), 8220Telah diharamkan jual beli arak.8221 (Muttafaqun8217alaih: Fathul Bari IV: 417 no: 2226, Muslim III: 1206 no: 1580, 8216Aunul Ma8217bud IX: 380 no: 3473 , Dan Nasa8217i VII: 308). 2. Bangkai, Babi dan Patung Dari Jabir bin Abdullah ra, yang pernah mendengar Rasulullah saw bersabda saat Dia di Mekkah pada waktu penaklukan kota Mekkah, 8220Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya telah mengharamkan menjual arak, bangkai, babi dan patung.8221 Rasulullah saw. Ask, 8220Bagaimana pendapatmu tentang lemak bangkai, karena itu digunakan untuk mengecat perahu-perahu, meminyaki kulit-kulit dan penerangan lampu oleh orang-orang8221 Dia jawab, 8220Tidak boleh, karena haram.8221 Maka Rasulullah saw pada waktu itu bersabda, 8220Allah melaknat kaum Yahudi, karena ketika Allah mengharamkan lemak bangkai, justeru mereka mencairkannya, lalu menjualnya, kemudian mereka makan harganya.8221 (Muttafaqun 8216alaih: Fathul Bari IV: 424 no: 2236, Muslim III: 1207 no: 1581, Tirmidzi II: 281 no: 1315 , Ibnu Majah II: 737 no: 2167 dan Nasa8217i VII: 309). Dari Abu Mas8217ud al-Anshari ra, maka Rasulullah melihat harga band anjing, hasil melacur, dan upah dukun. (Muttafaqun 8216alaih: Fathul Bari IV: 426 no: 2237, Muslim III: 1198 no: 1567, 8216Aunul Ma8217bud IX: 374 no: 3464, Tirmidzi II: 372 no: 1293, Ibnu Majah II: 730 no: 2159 dan Nasa8217i VII: 309). 4. Gambar yang Bernyawa Dari Sa8217id bin Abil Hasan, ia mengatakan. Ketika saya berada di sisi Ibnu Abbas ra tiba-tiba datanglah bergabung seorang laki-laki lalu bertanya 8220Ya Ibnu Abbas, dan sejatinya aku berprofesi sebagai pelukis gambar-gambar ini.8221 Maka Ibnu Abbas mengatakan bahwa, 8216Saya tidak akan terbunuh lagi pelukan apa yang Saya dengan dari Rasulullah saw. Aku ngantri bersabda, 8220Barang siapa yang melukis satu gambar, maka sesungguhnya Allah akan mengadzabnya sampai ia meniupkan ruh rakasa, karena ia tidak mungkin selam-langkah meniupkan ruh. 8221 Maka laki-laki itu berubah dengan perubahan yang besar dan wajah menguning. Kemudian Ibnu Abbas mengatakan bahwa, 8220Celakaya Jika kamu membangkang dan akan tetap memperkenalkan profesimu ini, maka haruslah engkau (ini) dan segala sesuatu yang tidak bernyawa.8221 (Muttafaqun 8216alaih: Fathul Bari IV: 416 no: 2225 dan lafadz ini bagi bagi Imam Bukhari, Muslim III: 1670 no: 2110 dan Nasa8217i VIII: 215 secara ringkas). 5. Buah-Buahan Yang Belum Nyata Jadinya Dari Anas bin Malik ra, dari Nabi saw, apakah dia menjual buah-buahan agar nyata jadinya dan kurma sampai sempurna. Dia ditanya, 8220Apa (tanda) sempurnanya8221 Jawab Dia 8220Berwarna merah atau kuning.8221 (Shahih: Shahihul Jami8217us Shaghir no: 6928 dan Fathul Bari IV: 397 no: 2167). Darinya (Anas bin Malik) ra, karena Rasulullah melihat menjual buah-buahan sebelum sempurna. Kemudian Dia bertanya, 8220Apa (tanda) sempurnanya8221 Dia menjawab, 8220Hingga warna merah.8221 Maka Rasulullah saw bersabda, 8220Bagaimana pendapatmu selamatkannya maka ganti dengan itu pasti ada di antara kamu akan mengambil harta saudaranya.8221 (Muttafaqun 8216alaih : Fathul Bari: IV: 398 no: 2198 dan lafadz ini milik Imam Bukhari, Muslim III: 1190 no: 155 dan Nasa8217i VII: 264). 6. Biji-Bijian Yang Belum Mengeras 8220Dari Ibnu Umar ra, maka Rasulullah saw. Melihat menjual buah kurma ke jadinya yang sesungguhnya, dan (rentetan) menjualnya dengan selamat dari hama Dia batas penjualnya dan pembelinya.8221 (Shahih: Mukhtashar Muslim no: 917, Muslim III: 1165 no: 1535, 8216Aunul Ma8217bud IX: 222 no: 3352, Tirmidzi II: 348 no: 1245 dan Nasa8217i VII: 270). Hukum jual beli pada terbitan oleh ajaran islam. Kebolehan ini tersampaikan kepada kepada firman Allah yang terjemahannya sebagai berikut: 82168217 janganlah kamu makan harta bersama kamu dengan jalan batal dilatih dengan jalan jual beli, suka sama suka. 8221 (Q. S An-Nisa8217. 29) Dan Hadist Nabi SAW, yang mana sebagai berikut. 8220 Pertanyaan nabi SAW tanya tentang, mata pencaharian yang paling baik. Jawabnya. Seseorang yang bekerja dengan bangun sendiri dan setiap jual beli yang bersih8221. (H. R. Al-Bazzar) Dalam pada itu ulama menyetujui mengenai kebolehan berjual beli ini sebagai salah satu usaha yang telah dipraktekkan semenjak masa Nabi SAW saat ini. Rukun dan Syarat Untuk syah nya jual beli yang diperlukan beberapa rukun dan syarat yang harus dipenuhi, yaitu. Penjual dan pembeli dengan syarat. Sebuah. Berakal, bagi yang gila, bodoh dan lainnya tidak syah melakukan jual beli. B. Kehendak sendiri, bukan karena lelah. C. Keadaannya tidak mubazir (pemboros), orang pemberos hartanya dibawah wali. Barang-barang yang terlarang diperjualbelikan Keharaman memperjualbelikan barang-barang tersebut terserah kepada hadist nabi SAW, yang mana berikut ini: 8220dan sesungguhnya allah, menghapamkan nafas makan apa kapada suatu kaum, maka mengharamkan pula harganya. Assalammualaikum pak saya mau tanya 1. bolehlah secara hukum islam atau negara seorang anak membeli tanah orang tuanya yang sekarang berumur 86th. 2. dasar hukum dlm islam jualbeli tanah antara anak yang waras dengan orang tuanya yng berumur 86th yang dilakukan dengan mengiming2kan suatu saat quotbila tanah itu laku biasanya diberikan bonus 5juta perbulan. 3. sementara anak itu tidakpunya uang untuk membeli tanah yg tua dan tua punya 7 orang anak. 4. syahkah menurut hukum islam dan juga negara bila seorang anak mebeli tanah yang ada di notaris hanya ada anak itu dan tentuuannya. Terimakasih bapak wasallam Rebat FBS TERBESAR 8211 Dapatkan kembali rebat atau komisi sampai 70 dari setiap transaksi yang anda lakukan baik rugi maupun keuntungan, bergabunglah sekarang juga dengan kami trading forex fbsasian ----------------- Kelebihan Broker Forex FBS 1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100 SETIAP DEPOSIT ANDA 2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN 3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD 4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100 5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya Buka akun anda di fbsasian ----------------- Jika anda membutuhkan bantuan hubungi kami melalui: Tlp. 085364558922 BBM. Fbs2009 Ingin beruntung seperti temen-temen kamu langsung saja kamu mendaftar di AsliBandar dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna. Dengan Deposit yang terjangkau kamu sudah bisa menangkan Jackpot setiap hari. Ingin keberuntungan seperti temen-temen kamu langsung saja kamu mendaftar di AsliBandar dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna. Dengan Deposit yang terjangkau kamu sudah bisa menangkan Jackpot setiap hari. Untuk Info lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui. Pin BB 2B3C34F4 YM. AslibandarCS Skype. AsliBandar Telp. 855882388666 FB. AsliBandar Hai guys kami dari RAJASAKTI web game terbaru dengan desain klasik dan tampilan meja yang lembut dan user friendly. PHP FREECHIP GRATIS tanpa deposit hanya dengan post poto berikut kalimat ini dan tag teman kamu di facebook sebanyak 30 orang. FREECHIP hanya untuk 100 orang pertama dari 5000 RAJASAKTI Agen game online terpercaya tanpa tipu2. RAJASAKTI adalah game poker online dengan uang asli di Asia, aman dan mudah seperti poker keripik Facebook bisa diuangkan kapan saja. Sistem player versus player 100, dan bisa menjadi bandar dalam permainan dengan sistem game tercepat dan terbaik. GAME RAJASAKTI (POKER, CEME, CAPSA SUSUN, CAPSA BANTING, REMI, QIUQIU) hubungi kami di: WA: 855889908908 SMS: 855889908908 Line: CSRAJA Wechat: CSRAJA BBM: CSRAJA Facebook. RAJA SAKTI Twitter. CSRAJASAKTI info lebih lanjut hubungi kami. Ditunggu ya bos-bos sekalian. Hukum Forex Dalam Islam Antara Halal dan Haram Hukum Forex Dalam Islam Antara Halal dan Haram Forex (Valuta Asing) ni adalah sistem jual beli mata wang asing yang mana kita sendiri tahu akan berubah dari semasa ke semasa masuk ekonomi Sesebuah negara Hukum Forex Dalam Islam Antara Halal dan Haram Sebenarnya aku memang dah pasti pasti ada yang bertanya mengenai hukum dalam FOREX ni dan aku dah kaji benda ni yang dahulu aku menceburi dan ilmu pengetahuan tentang analisis dalam dunia forex ni. Ini adalah susulan dari entri aku yang bertajuk testing forex kali pertama menggunakan akaun demo tempoh hari. Antara pendidikan yang aku lakukan adalah meng google hukum mengenai forex dalam islam dan aku dapati kebanyakkannya berkongsi mengenai isi yang sama iaitu fatwa yang dikeluarkan oleh Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan yang dikeluarkan sekitar pertengahan tahun lalu. Hukum Forex. Haram atau Halal KOTA BHARU: Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan pemberangkatan umat Islam haram mengamalkan sistem perniagaan arus wang asing. Pengerusi Jawatankuasa itu, Tan Sri Dr Abdul Shukor Husin, mengatakan ini kerana perniagaan yang dilakukan melalui arus wang asing seperti itu tidak menepati hukum syarak dan menimbulkan keraguan di kalangan umat Islam. 8220Hasil kajian Jawatankuasa ini, kita dapati perniagaan yang membabitkan arus wang asing membabitkan spekulasi mata wang dan ini bercanggah dan bertentangan dengan hukum Islam.8221 8220Oleh itu, Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan sembuh bahawa umat Islam diharamkan dalam mengamalkan sistem perniagaan cara demikian, 8221 katanya untuk pemberita selepas Mempengerusikan mesyuarat jawatankuasa fatwa kebangsaan Ke-98 di sini hari ini. Abdul Shukor mengatakan, banyak isu yang meragukan mengenai perniagaan arus wang asing, olehitu umat Islam tidak perlu menceburkan diri, tambahan pula kegiatannya membabitkan penggunaan internet di kalangan individu yang tidak untung rugi tidak menentu. 8220 Lain-lain jenis perniagaan mata wang asing, seperti melalui pengurup wang atau dari bank ke bank dibenarkan. Kerana ia tidak berapi spekulasi mata wang atau untung rugi yang tidak menentu, 8221 katanya. Dia mengatakan, keputusan lain yang turut terjerumus dalam mesyuarat itu saja yang dilimpahkan umat Islam buat pelotapan simpanan melalui Skim Sijil Simpanan Premium yang dimiliki Bank Simpanan Nasional (BSN). Katanya, keputusan itu dibuat selepas jawatankuasa berkenaan berpuas hati dengan kaedah pelaksanaannya lewat taklimat yang disampaikan oleh pihak pidana syariah bank negara pada muzakarah itu. 8220Pada mulanya, kita meragui tentang kaedah pelaksaaan skim itu ternyata kita berpuas hati selepas sistem perniagaan skim itu ditukar konsep Islam iaitu Mudharabah, 8221 katanya. 8211 BERNAMA Penjelasan Ustaz Hj Zaharuddin Tentang FOREX Kepada yang masih kurang jelas, saya sangat sangat bisa tengok sendiri dan mendengar penjelasan mengenai masuknya Islam FOREX dalam islam. Dia adalah orang yang mahir dengan sistem forex yang dijalankan oleh bank-bank di seluruh Malaysia dan melabelkan sistem forex ini ada dua cara. Jom saksikan Lagi review dari pakar ekonomi islam: Ulasan: Artikel mengenai fatwa yang dikeluarkan oleh Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan itu langsung tidak menceritakan tentang sistem forex yang sebenarnya seperti mana yang diterangkan oleh Ustaz Zahiruddin. Dalam artikel di atas, titik yang pertama yang tidak untung rugi tidak menentu itu tidak bisa digunakan kerana dalam perniagaan itu sendiri mana ada yang untung setiap masa dan semestinya untung rugi itu pasti ada. Point yang kedua pula jenis lain perniagaan arus wang asing, seperti melalui pengurup wang atau dari bank ke bank dibenarkan. Sedar atau tidak, perniagaan mata wang asing itu sebenarnya sama dengan Forex (foreign exchange) yang dilakukan oleh trader. Cuma perbezaannya cara mata wang itu ditukarkan. Ia seolah-olah membenarkan apa yang baru sahaja diperkatakan salah. Aku sendiri sebenarnya tak berapa suka dengan informasi yang dikongsikan dalam media massa kat Malaysia ni karena kebanyakkannya ditokok tambah untuk kepentingan sendiri dalam soal hukum. Point yang ketiga, yang tak boleh blah, anda digalakkan untuk melabur dalam Sijil Simpanan Premium (SSP) yang merupakan olahpesan orang ramai untuk menggunakan sistem itu dari bank bank BSN. Yang ini tiada kena mengena dengan hukum FOREX. Sila abaikan. Aku lebih gemar untuk mendapatkan penjelasan jika berkenaan dengan hukum islam nilai ustaz atau ahli ulama yang memiliki dua perkara. Yang pertama beliau sangat arif dalam hukum hakam agama islam. Kedua beliau memiliki pengalaman dan sememangnya serba tahu tentang sesuatu perkara itu sebelum membuat danaian masuk hukum syarak. Bukanlah maksudnya aku memandang rendah dengan fatwa yang dikeluarkan olehJawatankuasa Fatwa Kebangsaan dan alangkah itu jika dilengkapi dengan fakta yang sebenar seperti mana yang diperkatakan oleh Ustaz Zahiruddin dalam video tersebut. Secara keseluruhannya, FOREX itu ada halal dan haramnya ikuti keadaan itu dan untuk pengetahuan anda semua, kebiasaannya trader FOREX ini hanya mengamalkan trading mata wang dengan sendirinya dengan membuat analisa yang mantap sebelum melakukan trading dan ini dinamakan spot trading dan mata foward trading. Apa itu spot trading dan foward trading ni Jadi apa hukum FOREX yang sebenarnya Segalanya ada diceritakan dalam video selama 7 minit lebih di atas. Ayat paling aku suka, Jangan buat fatwa yang umum, yang umum. Contoh macam hukum makan ayam Halal ke tak Mestilah halal. Tapi kalau tak sembelih dengan cara islam Halal ke haram Sama sahaja dengan hukum FOREX ini. ) Buka akaun trading percuma dan dapatkan bonus.

No comments:

Post a Comment